Thursday, July 6, 2017

Fakta Bendera Merah Putih di Indonesia

Alfa Arts - Fakta Bendera Merah Putih di Indonesia Bendera merah putih adalah bendera kebanggaan Indonesia. Merah berarti berani putih berarti suci. Namun di balik itu banyak fakta membuktikan bahwa bendera merah putih pernah berkibar ratusan tahun sebelum Indoensia merdeka, dan menggunakan bendera merah putih sebagai bendera kebanggan kita ini. Sebelum prokramasi di kumandangkan ternyata bendera merah putih sudah pernah di gunakan oleh beberapa kerajaan di Nusantara. Berikut fakta fakta bendera merah putih yang ada di Indonesia.

Tolong Dukungan Nya Jika Ini Membantu Untuk Saling Membantu
Like and KLIK?,..
Share.

Bendera Merah Putih
Bendera Merah Putih
1. Pernah digunakan oleh kerajaan Majapahit
Kerajaan Majapahit adalah salah satu kerajaan terbesar di indonesia, yang memiliki wilayah hampir di seluruh Nusantara, di masa jayanya kerajaan ini sudah menggunakan bendera merah putih sebagi bendera kerajaan, hal ini di buktikan bahwa kerajaan ini menggunakan umbul umbul berwarna merah dan putih, yang disebut umbul umbul abang putih. 
Bendera Majapahit
Bendera Kerajaan Majapahit
Hal lain sebagai bukti adalah prajurit Majapahit diberi julukan sebagai pasukan gulakelapa, yang dapat kita ketahui bahwa gula kelapa berwarna merah. dan terbuat dari sari kelapa yang berwarna putih, selain gulakelapa ada yang menyebutnya getih getah yang dimana getih berwarna merah dan getah berwarna putih.

2. Relief Candi Borobudur.
Dalam sebuah relief di candi borobudur terdapat di salah satu dindingnya yang menggambarkan 3 orang membawa umbul umbul berwarna gelap dan terang yang di duga sebagai lambang merah dan putih. keterangan di gambar tersebut menyebutkan tataka atau bendera.
Selain itu hal ini diperkuat oleh dugaan yang menyatakan bahwa candi borobudur di bangun pada masa kerajaan Majapahit. Catatan catatan lain menyebutkan Borobudur di sebut bunga kunjung mabang atau merag dan kunjung maputeh atau putih. Bukti lain juga terletak di candi Mendut yang letaknya tidak jauh dari candi Borobudur.

Kerajaan Bone3. Persekutuan Antara Kerajaan Bone dan Belanda
Kerajaan Bone dan belanda pernah mengalami persekutuan dan menciptakan sebuah lambang yang didasari oleh warna merah dan putih, hal ini di perkuat dengan penemuan bendera kerajaan bone oleh parelae di pertengahan abad ke 19. Sebelum era arum palaka bendera merah putih menjadi lambang kekuasaan dan kebbesaran kerajaan Bone, Bendera itu di sebut dengan sebutan worong polang.

4. Bendera Peralwanan Rakyat Aceh
Aceh adalah salah satu profinsi yang paling sulit di taklukan oleh Belanda, padahal posisi Aceh sangat strategis. selama perlawanan di aceh mereka menggunakan umbul umbul merah putih sebagai simbol perlawanan. dalam bendera itu tergambar lambang bulan bintang, pedang dan juga ayat ayat suci Al-quran.

Nah itulah beberapa Fakta Bendera Merah Putih di Indonesia, itu saja untuk episode kali ini bagi kalian yang tidak ingin ketinggalan fakta fakta unik lainya silahkan follow blog ini, terimakasih sudah berkunjung.


Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.